Sosialisasi Pengusulan Pahlawan Nasional dari TP2GD di MTsN 1 Andalan Pekanbaru, Senin (12/09/2022)

 

Sosialisasi Pengusulan Pahlawan Nasional dilaksanakan di Mushallah Miftahul Ulum MTsN 1 Andalan Pekanbaru. Sosialisasi ini diawali dengan basmallah dan sekapur sirih dari kepala Madrasah, Irwan Efendi M.Pd.I. Beliau menyampaikan kata selamat datang kepada yang mulia Tengku M. Toha, Tuan M. Ishak S. Sos. dan tamu tamu lainnya. Kepala Madrasah menyampaikan bahwasannya Kesultanan Siak menyumbangkan kekayaan nya sekitar ribuan triliun untuk Republik Indonesia kepada presiden pertama yaitu Soekarno. Beliau juga menjelaskan berbagai jasa-jasa Kesultanan Siak untuk Republik Indonesia.

 

Acara selanjutnya senandung syair Marhum Pekan ciptaan Cikgu Taslim M.A yang dibawakan oleh ananda Aisyah dan Keysa. Setelah syair selesai disenandungkan, acara selanjutnya adalah sosialisasi Marhum Pekan menjadi pahlawan nasional dan sejarah tata cara pengusulan pahlawan yang di sampaikan langsung oleh Tuan Tengku Muhammad Toha Zurryat Kesultanan Siak. Dalam sosialisasi yang disampaikan, beliau menjelaskan bahwa Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Marhum Pekan adalah sultan siak kelima yang sangat berjasa bagi Republik Indonesia khususnya di Senapelan yang sekarang dikenal dengan Pekanbaru. Beliau memberikan sebuah nasehat “ jika kita mentok pada permasalahan yang sedang kita alami, maka selesaikanlah permasalahan dengan cara lain” ujar Tuan Tengku Muhammad Toha kepada siswa/I MTsN Andalan Pekanbaru.

 

Sosialisasi ini dilanjutkan oleh Tuan M. Ishak, S. Sos, yang menyampaikan pantun adalah anugrah yang diberikan kepada Riau. Pantun harus dilestarikan supaya tidak hilang dan agar tidak diambil negeri orang. Kegiatan ini ditutup dengan kuis untuk siswa/I MTsN 1 Andalan Pekanbaru yang berhubungan dengan sosialisasi pengusulan pahlawan nasional, (laporan Humas MTsN 1 Andalan Pekanbaru)