MTsN 1 mengikuti Simulasi ANBK Moda online yang di laksanakan pada pukul 07.30-12.30 Wib, bertempat diruangan Kurikulum MTsN 1 Kota Pekanbaru, Rabu (01/09/2021). Waka Kurikulum Indrayadi, M.Pd, mengatakan tujuan pelaksanaan simulasi ANBK di MTsN 1 Kota Pekanbaru ini adalah sebagai sosialisasi sekaligus simulasi aplikasi bagi proktor dan teknisi agar pelaksanaan ANBK kedepannya berjalan lancar dan sukses.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud telah resmi akan menyelenggarakan Program Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disebut dengan ANBK. Program ANBK ini merupakan tes atau proses penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. Hal ini dilakukan pada satuan pendidikan atau sekolah dasar maupun menengah. Dengan melakukan ANBK atau program Asesmen Nasional ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang pasti yang dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki kualitas belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan dasar dan menengah. Terdapat 3 hal atau instrumen dalam pelaksanaan Asesmen Nasional ini, yaitu AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum, survei karakter, dan yang terakhir adalah survei lingkungan belajar.

 

Moda ANBK ini dibagi menjadi dua yaitu Moda Online dan moda Semi-Online, Moda ANBK yang digunakan oleh MTsN 1 Pekanbaru adalah Moda Online. ANBK yang berbasis moda Online harus memiliki akses internet yang stabil bagi komputer client. Bandwidth yang disarankan untuk dapat melaksanakan ANBK moda online ini adalah 12 Mbps per 15 komputer client dan terdapat beberapa kriteria lainnya. Semoga pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Pekanbaru bisa terlaksana dengan baik dan berjalan lancar.

 

 Laporan dan Editor TIM Humas Mts N Andalan Pekanbaru